Ini Dia Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Remaja

uban.jpg

Kaget dan tak percaya, saat usia remaja, bisa muncul rambut putih atau yang biasa disebut 'uban' di rambut?...No way!!!

Jangan panik dulu, untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang perlu di cari tahu penyebabnya. Mengingat tidak hanya kulit wajah saja yang bisa mengalami penuaan dini, tapi juga bisa terjadi pada rambut kita.

Hal itu bisa disebabkan karena polusi dan gaya hidup yang kurang sehat, sehingga uban bisa tumbuh sebelum saatnya.

Tidak sedikit, remaja yang sudah ada tumbuh uban. Berkurangnya aktivitas sel melanosit sebagai penghasil pigmen melanin (zat warna), bisa mengakibatkan kinerja sel ini jadi enggak maksimal untuk menyeimbangkan cepatnya pertumbuhan rambut setiap bulannya, yaitu 1 cm per bulan, sehingga dapat menyebabkan proses memutihnya rambut.

Penyebab lainnya adalah premature greying atau faktor gen dan keturunan. Jadi, bisa dibilang, kalau orang tua kita punya riwayat mengalami pertumbuh-an uban secara dini, maka ada kemungkinan, kita juga akan mengalami hal yang sama di usia muda.

Nah, sebaiknya kita lakukan perawatan intensif sedini mungkin untuk memperlambat munculnya uban.

Selain faktor gen dan keturunan,ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya uban, yaitu:

kekurangan vitamin B6, penyakit diabetes, penyakit autoimun (sejenis: tiroid). Juga karena anemia pernisiosa (kekurangan darah), gangguan kelenjar gondok dan stres.

Zat kimia yang biasanya terdapat pada produk kecantikan rambut, seperti cat pewarna rambut atau sampo dengan kandungan sulfur.(sehat)

No comments:

Post a Comment